Select Language

Featured Articles

Upcoming Events

No events found

Home

Kepada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Jambi,

Dalam beberapa waktu ini, kita akan segera memasuki Semester Genap 2016/2017. Kami berharap semua kegiatan di Semester Ganjil lalu berjalan dengan lancar dan sukses, serta anda semua mendapat hasil yang memuaskan. Untuk memandu anda dalam mengontrak mata kuliah pada semester genap ini, berikut kami sampaikan daftar MK yang bisa dikontrak serta panduan dalam mengontrak untuk dapat dipelajari dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Mohon dibaca pengumuman ini sampai selesai sebelum anda mengontrak. Selamat mengontrak, semoga selalu sukses.

Dedy Kurniawan

Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris

 

TATA CARA MENGONTRAK MATA KULIAH

  1. Perhatikan bahwa pada saat ini berlaku 2 (dua) jenis kurikulum, yaitu Kurikulum 2013 untuk mahasiswa angkatan 2013 dan 2014, dan Kurikulum KKNI untuk mahasiswa angkatan 2015 dan 2016. Mahasiswa WAJIB mengontrak MK sesuai dengan kurikulum masing-masing. Walaupun judul dan konten MK sama saja, kode yang digunakan berbeda, sehingga harus diperhatikan dengan seksama untuk memilih MK dengan kode dan nama yang sama dengan MK yang tercantum dalam Kurikulum anda. Pada Tabel 1 di bawah, akan disajikan daftar mata kuliah BARU yang ditawarkan pada semester ini untuk tiap angkatan. Sementara, mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 yang ingin mengontrak MK untuk PERBAIKAN ataupun mengambil BARU dari MK di semester II dan IV yang belum dikontrak harap menggunakan kode di Tabel 2. Informasi mengenai kurikulum ini juga dapat ditemukan di laman situs ini, seksi KURIKULUM.
  2. Setiap MK baru yang ditawarkan dibagi menjadi 4 (empat) kelas, yaitu kelas A dan B untuk mahasiswa jalur Reguler, dan kelas H dan I untuk mahasiswa jalur Mandiri. Mahasiswa harap mengontrak MK dengan kode yang sesuai dengan kelas masing-masing yang telah dibagi di awal kuliah.  Pengecualian ada pada kelas MK Pilihan (bertanda *) dan MK Perbaikan (Tabel 2) yang hanya dibagi menjadi 2 (dua) kelas, yaitu A untuk Reguler, dan H untuk Mandiri. Mahasiswa dipersilahkan untuk mengontrak di kelas A atau H sesuai jalur masing-masing.
  3. Untuk mahasiswa semester VI dan VIII (Kurikulum 2013), pada semester ini telah ditawarkan MK Pilihan yang harus dipilih. Sesuai peraturan, semenjak 2013, mahasiswa WAJIB menyelesaikan minimum 144 sks, sehingga menurut Kurikulum 2013 mahasiswa diharapkan mengontrak sekitar 8 (delapan) sks MK pilihan (secara ideal diambil 2 sks dari semester V dan 6 sks pada semester VI). MK Pilihan ini HANYA akan dibuka jika ada minimal 10 (sepuluh) orang peserta. Jika ada kurang dari 10 (sepuluh) orang, maka kelas akan ditutup dan mahasiswa diharapkan memilih MK lain untuk mencukupi syarat minimum 8 sks tersebut.
  4. Dalam memilih dan mengontrak MK ini, mahasiswa diharapkan untuk bertemu dengan Dosen Pembimbing Akademik (PA) masing-masing untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, khususnya untuk MK Pilihan, karena masing-masing MK menawarkan keterampilan dan pengetahuan khusus. Setelah semua MK dikontrak dengan benar, mahasiswa segera meminta kepada dosen PA untuk memvalidasi kontrak. Batas akhir kontrak adalah tanggal 20 Januari 2017.

PERATURAN ADMINISTRASI PER SEMESTER GENAP 2016/2017

Dalam rangka penertiban akademik, mulai Semester Genap 2016/2017 ini, Prodi mulai melaksanakan pengarsipan dokumen yang berkaitan dengan perkuliahan secara sistematis dan terorganisir. Untuk itu,

  1. Pada setiap akhir semester, mahasiswa WAJIB mencetak Kartu Hasil Studi (ditandatangani oleh WD 1), dan Kartu Rencana Studi (Divalidasi oleh dosen PA)
  2. Setiap mahasiswa WAJIB mengumpulkan kepada Kaprodi atau staf:
    1. Kartu Rencana Studi (KRS) Semester Genap 2016/2017 yang telah divalidasi oleh dosen PA (Asli, 1 rangkap)
    2. Kartu Hasil Studi (KHS)  Semester Ganjil 2016/2017 yang telah ditandatangani WD 1 (Asli, 1 rangkap)
  3. Berkas ini dikumpulkan  selambat-lambatnya pada minggu ketiga perkuliahan.  Jika terjadi perubahan kontrak, maka mahasiswa WAJIB memperbaharui dokumen, sehingga arsip yang disimpan di Prodi adalah dokumen KRS dan KHS final dan benar. Di masa yang akan datang, Prodi hanya bisa melayani klaim atas perbaikan nilai atau klaim lainnya HANYA jika terarsip dengan baik di Prodi.  
  4. Untuk kebutuhan administrasi, mahasiswa diharapkan menyimpan juga minimal 1 rangkap dokumen untuk arsip pribadi dan 1 rangkap untuk dosen PA.
  5. Secara bertahap Prodi akan meminta seluruh mahasiswa untuk mengumpulkan SELURUH KHS masing-masing dari keseluruhan semester, dan KRS mahasiswa (jika memungkinkan, keseluruhannya). Prosedur Operasional Standar (POS) Kontrak MK dapat dibaca di sini: SOP - COURSE ENROLMENT
  6. Per tahun akademik 2016/2017, PERBAIKAN NILAI hanya dapat dilakukan SELAMBAT-LAMBATNYA 1 (SATU) SEMESTER setelah semester yang bersangkutan. Prodi TIDAK akan melayani Perbaikan Nilai untuk perkuliahan yang telah lewat lebih lama dari satu semester.
  7. Mahasiswa yang membutuhkan Rekap Nilai Sementara diharapkan dapat menemui Dosen PA masing-masing untuk memvalidasi seluruh nilai yang tercetak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Jika Rekap Nilai Sementara sudah valid, Dosen PA harap membubuhkan paraf/tanda tangan di bagian bawah IPK sementara. Setelah divalidasi oleh Dosen PA ybs, mahasiswa dapat membawa Rekap Nilai Sementara tersebut ke Kaprodi untuk ditandatangani. Untuk kerapian dan ketepatan, mahasiswa TIDAK PERLU menuliskan nama Kaprodi secara manual di Rekap Nilai (dibiarkan kosong saja). Prodi telah menyediakan stempel khusus untuk kebutuhan tersebut.

    Demikianlah, demi ketertiban dan keakuratan data akademis, mahasiswa dan dosen diharapkan mengikuti peraturan tersebut dengan sebaik-baiknya. Dengan terlaksanakannya standar akademik yang baik, diharapkan kita dapat meningkatkan mutu pelayanan di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Jambi. Terima Kasih.

Daftar Tawaran Mata Kuliah Semester Genap 2016/2017

 

DAFTAR MK PERBAIKAN

(Untuk Mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 yang ingin perbaikan nilai atau mengambil baru).

 

Student Journalism